Cara Menghitung Average Rate Index (ARI)

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – Sebagai hotelier, bagaimanakah cara Anda mengetahui bahwa performa harga pada hotel Anda telah berada diatas, dibawah atau sama dengan kompetitor Anda?

Salah satu indikator yang digunakan dalam dunia perhotelan dalam mengukur performa harga tersebut adalah Average Rate Index (ARI)  yang digunakan dalam pengelolaan performa harga hotel yang dibandingkan dengan kompetitor, dengan demikian maka Anda dapat mengetahui laju persaingan harga yang berada dipasar.

Lalu, bagaimana cara menghitungnya dan bagaimana cara membaca indikatornya?

Merujuk pada STR Global, maka ARI digunakan untuk mengukur performa Average Daily Rate (ADR) yang dibandingkan dengan dengan ADR yang berada dalam kompetisi dengan hotel yang memiliki karakter  pasar, konsep dan beroperasi pada kota yang sama dengan hotel Anda.

Rumus cara menghitung ARI adalah sebagai berikut:

ARI = Hotel ADR / ComSet ADR    

Contoh Ilustrasinya adalah sebagai berikut:

Dalam ilustrasi diatas dengan contoh nama hotel Anda adalah Kapita, maka cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

ARI = IDR 550.000 (ADR Kapita Hotel) / IDR 509.000 (ADR ComSet) = 1.08

Contoh tersebut berarti ADR Anda berada diangka IDR 550.000 yang dibandingkan dengan ADR kompetitor dikota Anda (ComSet: Competitor Set) sebesar IDR 509.200, maka diperoleh index sebesar 1.08

Cara membacanya adalah sebagai berikut, Jika hasil Index Anda adalah:

  • 1.00, maka posisi ADR Anda sama dengan ADR  yang berada dipasar
  • Lebih dari 1.00, maka posisi ADR Anda berada diatas pasar
  • kurang dari 1.00, maka posisi ADR Anda berada dibawah pasar

Dalam contoh kasus diatas maka, ADR pada Kapita Hotel telah berhasil memimpin pasar dengan nilai ADR 8% diatas ADR yang berada dalam zona kompetisi dikotanya.

Setelah kita mengetahui cara menghitungnya, lalu apa manfaatnya bagi hotel?

Anda dapat menggunakan Indikator ARI untuk mengukur besaran harga yang Anda terapkan dipasar, sehingga harga yang Anda terapkan dapat sesuai dengan demand dan karakter pasar dikota Anda.

Penentuan posisi harga ini memang sangat sensitif bagi pasar, harga murah bukan merupakan jaminan kesuksesan dalam penjualan,  Anda dapat memilih strategi menjual dengan harga yang lebih tinggi dibanding kompetitor jika Anda memang memiliki values yang lebih dibandingkan dengan mereka.

Jadi, masalah harga ini ya tergantung hotel masing-masing dalam pemilihan strateginya. Kuncinya adalah Values Preposition yang ditawarkan serta pengaruh demand dan supply  harus diperhatikan sebelum mengambil kebijakan.

Sudahkah Anda melihat dan membandingkan harga yang berada dipasar Anda hari ini?

Salam Jempolier!

By Ikin Solikin

Pelajari Juga Artikel Dibawah ini:

Pentingnya Performance Management Bagi Hotelier

KPI Revenue Management 

Cara Menganalisa Value Preposition di Hotel 

5 Cara Menentukan Kompetitor 

Cara Menghitung Average Daily Rate (ADR)

Cara Menghitung RevPAR

Cara Menghitung Occupancy

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id