Cara menerima Order Banquet Event

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hotelier.co.id- setelah artikel lalu membahas macam-macam banquet event yang bisa dijual oleh seorang staff sales and marketing, Setelah client tertarik dengan promosi yang dilakukan seorang staff marketing hotel, kemudian client tersebut melakukan order banquet event seperti Seminar dengan peserta berjumlah 150 orang, apa yang harus dilakukan?

Yang harus dilakukan oleh seorang staff marketing adalah menerima order tersebut. Bagaimana cara menerima order Banquet event?

Cara menerima order Banquet Event :

  1. Sebelum menerima order dari client ada beberapa hal yang harus diperhatikan seorang departemen sales and marketing didalam menyusun sebuah Banquet Event Order. Yang harus diperhatikan adalah :
  • Jumlah pax yang diorder oleh client.

Jumlah pax yang diorder oleh client sebagai pedoman divisi kitchen untuk membuat menu. Jumlah pax sering dianggap sebagai jumlah peserta di dalam sebuah banquet event. Selain sebagai pedoman, jumlah Pax yang diorder oleh client digunakan oleh pengelola banquet untuk menyusun setting layout meja.

  • Waktu pelaksanaan Banquet Event

Waktu pelaksanaan Banquet event dari client juga harus diperhatikan supaya karyawan dalam hal ini staff F& B Service yang bertugas mengelola banquet dapat mengatur persiapan seperti setup layout meja, setup sound system, setup coffe break. Selain itu dengan menyusun schedule Banquet Event, departemen sales and marketing akan mudah untuk memanage order-order dari client yang masuk

  • Menu

Di dalam menyusun sebuah menu yang akan digunakan sebagai paket banquet event departemen Sales and marketing bisa berdiskusi dengan head chef. Menu yang berdasarkan dari hasil diskusi tersebut yang akan disajikan oleh client, akan tetapi pihak client bisa memilih menu sendiri sesuai dengan keinginannya apabila client merasa kurang cocok dengan menu yang ditawarkan

  1. Order dari client yang berhasil didapatkan oleh staff sales and marketing hotel, dituangkan ke dalam Banquet Event Order sebagai dasar pedoman departemen sales and marketing didalam mengkomunikasikan kepada departemen F&B selaku pengelola meeting rom dan kepada Departemen lain seperti Engineering yang bertugas mempersiapkan peralatan dan kelistrikan, departemen Accounting yang bertugas untuk melakukan transaksi pembelian terkait dengan bahan-bahan yang akan diolah sebagai menu, dan kebutuhan lainnya, departemen Housekeeping yang bertugas untuk memperindah dan mempercantik venue yang akan digunakan. Selain itu, BEO dijadikan acuan oleh Manager F&B untuk mempersiapkan SDM yang akan diterjunkan untuk melayani client selama penyelenggaraan event berlangsung.
  2. Setelah BEO di-accept (disetujui) oleh client, selanjutnya diproses ke dalam Daily Event Summary. Daily Event Summary adalah daftar event yang dibuat sebagai gambaran event dalam satu minggu yang berisi jumlah tamu (pax),waktu penyelenggaraan acara, nama ruang atau meeting room yang akan digunakan,dan informasi lainnya yang yang bertujuan untuk mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan serta sumberdaya manusianya

Itulah tiga langkah cara menerima order Banquet Event dari client. Di dalam menerima order berupa Banquet Event yang harus diutamakan adalah komunikasi, baik komunikasi antar staff, komunikasi dengan departemen lainnya, maupun komunikasi dengan client sehingg tidak terjadi miskomunikasi yang dapat mempengaruhi kelancaran didalam melayani kebutuhan client selama menyelenggarakan event di hotel.

Salam jempolier

By Galih Satria Hutama

Pelajari juga artikel dibawah ini

Macam-macam banquet event

cara menentukan kompetitor anda

jenis-jenis segmentasi tamu hotel

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id