Cara Mencari Tamu Hotel Anda

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – fungsi Sales & Marketing terbagi menjadi tiga bagian besar yaitu, mencari pangsa pasar baru, mempertahankan pangsa pasar yang sudah ada dan mengembangkan ke pangsa pasar yang lain.

Merujuk kepada fungsi tersebut, maka pada tahap pertama kali hotel dibuka maka mereka harus mampu mencari pangsa pasarnya. Lalu, bagaimana cara mencari pangsa pasar  baru? Tekhnik apa yang bisa digunakan?

Berikut adalah cara mencari tamu sesuai dengan pangsa pasar Anda.

  1. Canvassing The Market

Selayaknya berperang, maka Anda harus memiliki peta yang jelas yaitu dengan menggambarkan siapa pangsa pasar Anda dan dimana keberadaan mereka?

Lihatlah di radius 0 km hingga 5 km dari lokasi hotel Anda. Gedung apa yang Anda lihat? Kantor-kantor apa saja yang Anda lihat? Fasilitas umum apa yang Anda lihat? Bila dalam radius 0 hingga 5 km dari lokasi hotel Anda terdapat perusahaan-perusahaan skala nasional dan internasional, atau jika Anda melihat kantor-kantor pemerintahan  berdiri kokoh disekitaran kisaran radius tersebut, maka kemungkinan besar mereka adalah prospek yang bisa Anda olah.

Gali dengan teliti, apa aktivitas bisnis mereka? Mungkinkah mereka akan melakukan pertemuan? Ataukah mereka sering menerima tamu dari kota lain? Jika iya, maka kemungkinan mereka adalah pasar potensial Anda. Cari tahu nomor kontak dan lakukan kunjungan untuk mengenalkan hotel Anda secara langsung.

2. Garap National Key Account

Khusus untuk hotel chain, umumnya mereka memiliki basis pasar dari National Key Account yang melakukan kontrak kerjasama dengan kantor pusat pada jaringan hotel Anda. Umumnya perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam National Key Account adalah perusahaan besar yang beroperasi secara nasional dan internasional yang memiliki banyak kantor cabang. Misalnya saja dari Industri perbankan. Bila Anda melihat perusahaan yang ada di radius O km hingga 5 Km dari lokasi hotel Anda yang telah bekerjasama dengan jaringan hotel Anda, maka layak untuk dikunjungi untuk mengenalkan produk dan layanan yang diberikan oleh hotel Anda.

3. Travel Agent / wholeseller

Travel Agent seperti Kaha Tour, MG Holiday atau Panorama merupakan partner bisnis yang sangat potensial untuk     membantu Anda mengembangkan pasar Anda. Jalinlah komunikasi dan kerjasama yang baik dengan mereka. Lalu, berikan gambaran atas produk dan layanan Anda.

4. Fliyering

Sebar brosur hotel Anda pada tempat-tempat yang ramai, buat aktifitas yang menarik yang dapat membuat pengunjung bersedia mengisi data mereka, lalu tawarkan produk dan layanan di hotel Anda.

5. Kenali Supplier Anda

Pahami kegiatan bisnis dari supplier Anda, khusus supplier skala besar dan nasional kemungkinanan mereka adalah salah satu prospek untuk hotel Anda.

Hasil akhir dari kelima aktifitas tersebut adalah database para prospek yang masih harus  digarap hingga mereka menggunakan fasilitas layanan di hotel Anda. Keempat cara tersebut adalah cara klasik yang banyak digunakan oleh Sales & Marketing di hotel. Masih banyak cara cara lain yang bisa dikembangkan, baik secara offline maupun online.

Seorang Sales yang handal biasanya  akan giat dan tekun dalam mencari dan mengelola kebersihan databasenya, sehingga jaringannya dapat membuahkan pundi-pundi rupiah untuk memenuhi target yang diembannya.

Kontributor:

Ikin Solikin

Indonesian Hospitality Learning Center

IHLC.co.id

Like & Share
error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id