Cara Memanfaatkan Event Untuk Meningkatkan Pendapatan Hotel

Apakah Anda melakukan apa saja untuk meningkatkan pendapatan hotel selama ada local event berlangsung? Bagaimana caranya?

Event merupakan suatu anugerah bagi hotelier. Baik itu pertandingan akbar, konser ataupun local festival, acara ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk membuat paket- paket yang menarik dan juga meningkatkan pemesanan kamar di hotel Anda. Oleh karena itu, mari kita pelajari beberapa langkah mudah untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan perhatian dari tamu untuk Event yang akan diselenggarakan di lokasi Anda.

Cari Event-Event yang ada dilokasi Anda

Ikuti event-event yang ada pada buku petunjuk pariwisata atau dinas pariwisata setempat, tempat – tempat popular dan penyelenggara acara (event organizer) untuk tetap mendapat informasi mengenai event-event yang akan diselenggarakan dikota Anda. Anda juga bisa menggunakan Google Alert dan memperhatikan event yang diadakan oleh kompetitor Anda.

Apabila Anda sudah mengetahui tanggal dilaksanakannya Event tersebut, pasang tanggal tersebut sebagai pengingat di Instant Channel Manager; ini merupakan salah satu cara terbaik untuk penetapan harga kamar nantinya. Umumnya pertandingan akbar dan  konser bertaraf internasional akan diikuti dengan pemesanan kamar sebelum acara ini berlangsung. Anda bisa mulai menaikan harga begitu pengumuman tentang acara ini disiarkan.

Menjadi Pusat Informasi

Promosikan mengenai Event yang akan berlangsung atau apapun mengenai hal ini diwebsite Anda. Membuat halaman arahan (landing page)  atau setidaknya membuat bagian tersendiri diwebsite Anda merupakan salah satu cara terbaik untuk setiap event yang sudah ditargetkan sebelumnya.

Optimalkan konten untuk meningkatkan SEO dengan memilih kata kunci yang secara cermat. Pada halaman arahan masukkan informasi utama seperti tanggal, waktu, transportasi yang bisa digunakan untuk ke tempat event berlangsung dan lain sebagainya. Anda juga bisa membuat rencana perjalanan atau memuat mengenai atraksi local bagi para pengunjung acara tersebut. Pastikan tombol pemesanan tersedia pada halaman website tersebut.

Buat Paket yang Menarik

Ketika memuat paket untuk event yang akan berlangsung, pikirkan apa sekiranya yang dicari oleh tamu. Misalnya transport gratis dari dan menuju tempat acara berlangsung atau mungkin bekal makan siang selama konser berlangsung dengan tujuan untuk menarik perhatian tamu dan membedakan dengan kompetitor Anda. Untuk acara tahunan seperti Valentine, Natal atau Tahun Baru, coba posisikan diri Anda sebagai tamu: Kira-kira apa yang akan anda cari untuk hari khusus ini? Itulah demand yang bisa Anda ciptakan. 

Buat paket menarik dan gunakan  dalam kegiatan pemasaran anda, lalu sebarkan di social media dan semua saluran distribusi yang memungkinkan untuk menjual paket ini. Buat kompetisi secara online mengenai event tersebut, misalnya dengan membuat Quiz dan berikan hadiah bagi yang berhasil menjawab dengan benar dan cepat. hadiah dapat berupa tiket masuk ke acara yang akan berlangsung secara gratis bagi mereka yang menang sesuai kriteria yang Anda tetapkan.

Bagikan Info event lokal yang bersifat Gratis kepada Tamu Anda

Jangan hanya berpaku pada event besar, Anda juga bisa membagikan event lokal yang bersifat gratis kepada tamu Anda. Dengan memuat informasi ini pada website anda ataupun di social media, maka bisa menjadi factor penentu bagi tamu untuk memutuskan tinggal di hotel Anda atau datang ke area tempat hotel Anda berada.

Ciptakan Event Anda Sendiri

Anda tidak harus selalu menunggu Event-Event yang akan hadir.  Anda bisa menjadi tuan rumah di acara yang anda ciptakan sendiri seperti Karaoke atau walking tour gratis.

Jangan lupa untuk memasarkan kepada tamu lokal

Jangan lupa untuk memasarkan kepada tamu lokal. Seringkali Anda akan menemukan bahwa pada event besar yang menarik banyak orang, termasuk didalamnya terdapat tamu lokal yang bisa jadi tertarik untuk tinggal di hotel Anda sebelum ataupun sesudah event berlangsung. Pasarkan melalui social media dengan menentukan target demografi dan lokasi sesuai sasaran Anda.

Apakah Anda memiliki tips atau saran lainnya yang berhasil dilakukan pada hotel Anda pada saat terdapat Event? Bagikan kepada kami dan semua yang ada di komunitas ini – kami dengan senang hati menampilkan keberhasilan Anda.

Salam Jempol!

By STAAH Ltd

STAAH Ltd adalah perusahaan teknologi berbasis di Selandia Baru yang mengkhususkan diri pada pengelolaan saluran distribusi penjualan berbasis cloud dan mesin pemesanan untuk penyedia akomodasi untuk memaksimalkan pendapatan online bagi hotel.

STAAH didirikan oleh Gavin Jeddo pada tahun 2008 yang merupakan pelopor dalam bidang teknologi distribusi. Teknologi terkemuka STAAH memiliki distribusi penjualan kamar melalui agen perjalanan online (OTA), pemesanan langsung dan layanan pemasaran digital. STAAH memiliki mitra di lebih dari 70 negara yang dikelola melalui kantor operasinya di Selandia Baru, India, Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand dan Inggris.

https://www.staah.com