Cara memaksimalkan OTA

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – Tahukah Anda bahwa saat ini sedang terjadi revolusi OTA?. Toko Raksasa bernama OTA ini berkembang dan bersaing dengan sangat ketat.

Sebagai penyedia akomodasi, Anda bisa bergabung dengan OTA atau Anda dapat tertinggal oleh pasar. Bagaimanapun juga kehadiran mereka sangat membantu Anda dalam mendistribusikan inventori kamar Anda kejangkauan yang lebih luas.

Online Travel Agents (OTAs) saat ini menjadi pusat pemasaran dan distribusi, mereka memiliki teknologi terbaik di dunia dan jangkauan  yang luas. Raksasa sektor perhotelan dan perjalanan ini menyuntikkan anggaran pembelanjaan pemasaran yang mencapai jutaan dolar. Audiens yang dihasilkannya pun sangat spektakuler yaitu masuk kedalam segmen niche market untuk menjangkau segmen yang tepat sasaran agar orang-orang perhotelan senang dengan hasil yang diberikan!

Jika Anda belum bergabung dan belum memanfaatkan alat OTA yang sangat canggih ini, Anda tidak hanya kehilangan pendapatan potensial tapi juga jangkauan marketing yang luas, peluang membangun brand awareness, jangkauan distribusi global, pangsa pasar potensial dan bahkan potensi pemesanan langsung ke website Anda (direct booking).

Jadi, setelah kita mengetahui bawah OTA memiliki dampak yang besar,  Mari kita lanjutkan bagaimana sih cara menghasilkan uang dari  OTA?

OTA tidak datang gratis (bahkan tidak murah!). Jadi, ketika Anda bergabung dengan mereka, maka Anda harus pandai dalam memanfaatkannya dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa langkah penting yang harus Anda pertimbangkan untuk meningkatkan laba atas investasi (ROI) Anda dengan mitra OTA Anda saat ini dan masa depan.

Mulailah dengan dasar-dasarnya yaitu dengan cara membuat fondasi beton untuk pengaturan OTA Anda.

Mengingat bahwa OTA merupakan salah satu fungsi penjualan dan pemasaran virtual Anda, maka Anda harus memastikan bahwa:

  • Konten Anda adalah yang terbaik. Konten adalah kesan pertama terhadap properti Anda, maka Anda harus membuatnya istimewa. Isi halaman  OTA untuk hotel Anda dengan gambar beresolusi tinggi dan menarik. Tuliskan deskripsi lengkap seperti yang telah Anda lakukan untuk situs web Anda sendiri. Berikan penjelasan yang tepat dalam menyatakan kebijakan dan prosedur yang berlaku pada hotel Anda.
  • Anda membuat “rate plans” sesederhana mungkin dan sesuai standar industri dan hotel Anda. Identifikasi apa yang menarik bagi pasar Anda saat membuat rate plans. Apakah target Anda menyukai ‘tempat tidur dan sarapan’ atau ‘kamar saja‘. Beberapa rate plan seperti  ‘advance purchase’, ‘3 nights stay’ atau ‘early bird specials‘ adalah alat promosi yang menarik untuk disajikan dalam “rate plan” yang dapat dipilih oleh tamu dan mampu mendongkrak visibilitas optimal pada saluran OTA, selain itu dapat menciptakan nilai untuk proposisi hotel Anda dimata calon konsumen Anda.
  • Menjaga keseragaman nama jenis kamar Anda di seluruh channel termasuk situs web Anda. OTAs tidak menghalangi wisatawan dari pemesanan langsung (direct booking). Sebenarnya, eksposur pada OTAs bahkan dapat meningkatkan pemesanan langsung karena tamu akan menggunakannya  sebagai bahan pembanding bagi calon pelanggan Anda sebelum memutuskan membeli. Bisa saja mereka mengunjungi situs Anda untuk membandingkan harga yang ada di OTA dan Web Anda. Selain itu, nama hotel, tipe kamar dan konten lainnya adalah bagian dari konten web Anda. Selain itu, jika informasi hotel Anda tersebut distribusikan melalui OTA terkemuka yang memiliki traffic puluhan juta, maka dapat  berdampak terhadap naiknya peringkat halaman situs web Anda di mesin pencaharian.
  • Agar tetap kompetitif (dengan atau tanpa promosi). Biarkan OTA saling bersaing dengan anggaran pemasaran mereka yang luas, sementara Anda dapat lebih fokus  untuk memaksimalkan pendapatan dari semua saluran/channel distribusi  terkait dengan bisnis Anda. Kuncinya jaga proporsi dan komposisi pasar dari keseluruhan market segment pada hotel Anda.

Setelah Anda memiliki dasar-dasar pengetahuan tentang OTA, maka fokuslah pada taktik pemasaran Anda yang sedang berlangsung di OTA. Taktik tersebut termasuk:

  • Waktu penawaran dan inventory sangat penting untuk mengoptimalkan konversi. Monitor alokasi jumlah kamar, lihatlah  kurva jumlah pemesanan baik jangka pendek maupun jangka panjang.
  • Mengelola strategi distribusi Anda dengan menggunakan teknologi dan alat yang tepat untuk menarik jumlah sasaran pemesanan yang tepat, pada saat yang tepat. Setiap hotel harus memaksimalkan tekhnologi untuk mempermudah dan mempercepat dalam mengambil keputusan.
  • Terdaftar di berbagai OTA akan meningkatkan eksposur Anda dan memberikan pendekatan yang lebih holistik terhadap strategi OTA Anda.
  • Memastikan Anda menampilkan ketersediaan di semua jenis kamar, lakukan update ketersediaan kamar secara berkala agar informasi yang Anda sajikan fresh dan mudah dikenali oleh mesin pencari.
  • Menawarkan layanan nilai tambah seperti free wi-fi atau welcome drink adalah salah satu cara termudah dan kreatif untuk membantu Anda menonjol di situs OTA.
  • Berbicara dari mulut ke mulut, terbukti menjadi salah satu alat pemasaran terkuat. Jika Anda memiliki sejumlah ulasan, maka coba berikan insentif kepada tamu untuk menyelesaikan ulasan mereka secara online. Response setiap ulasan pelanggan dalam 1X24 Jam dengan menggunakan bahasa yang authentic dan berfokus pada solusi atas ulasan yang diberikan. Ulasan tamu merupakan informasi penting bagi tamu lain  sebelum mereka memutuskan membeli kamar hotel Anda.
  • Menjaga koneksi yang efektif dan berkomunikasi dengan mitra OTA Anda. Jaga hubungan baik dengan Market Manager mereka untuk mengukir strategi pemasaran Anda. Diskusikan tujuan spesifik Anda untuk membantu rencana distribusi penjualan Anda. Kumpulkan ide-ide kreatif yang telah berjalan dengan baik untuk properti Anda dan cobalah lakukan innovasi untuk strategi yang belum berjalan sesuai harapan.

Ketika Anda menggunakan  OTA, maka Anda harus berada diposisi teratas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagaimana produksi dari channel OTA yang Anda gunakan saat ini? Apakah sudah nampak membantu Anda?

Salam Jempol!

By STAAH Ltd

STAAH adalah perusahaan yang inovatif yang menciptakan solusi sempurna bagi para operator akomodasi. Kami telah membantu properti memahami, mengendalikan & mengembangkan bisnis mereka sejak 2008, khususnya channel management, booking engine, reputation management technology.  Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut:  www.STAAH.com.

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id