Belajar sejarah melalui diorama

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hotelier.co.id – Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak sekali sejarah. Salah satu sejarah yang paling diingat-ingat oleh bangsa Indonesia adalah sejarah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Selain membaca buku sejarah, ada satu cara lagi untuk mengetahui sejarah yakni dengan berkunjung ke Diorama yang terdapat di museum. Salah satu museum yang memiliki diorama tentang sejarah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia adalah museum beteng Vredebrugh di Jogjakarta.

Diorama sendiri adalah sejenis benda miniatur tiga dimensi untuk menggambarkan suatu pemandangan atau suatu adegan. Di museum Beteng Vredebrugh jogja sendiri memiliki 4 gedung yang berfungsi sebagai gedung diorama.

Adapun pembagian 4 gedung diorama sebagai berikut :

Diorama 1

Diorama 1 ini berisi tentang cerita sejarah perjuangan kemerdekaan indonsia mulai dari Jaman perjuangan Pangeran Diponegoro sampai dengan pembentukan organisasi- organisasi seperti Budi Utomo, Muhammadiyah, Tamansiswa. Selain itu pada diorama 1 ini juga terdapat cerita masuknya jepang ke Indonesia.

Diorama 2

Gedung Diorama 2 ini berisi tentang cerita sejarah perjuangan kemerdekaan indonesia pada era Proklamasi kemerdekaan

Diorama 3

Gedung Diorama 3 ini terdapat visualisasi berupa patung  adegan bagaimana pejuang kemerdekaan indonesia berperang melawan pasukan penjajah. Pada diorama 3 ini terdapat Komputer yang berisi games cara berperang yang bisa dimainkan oleh pengunjung.

Diorama 4

Gedung Diorama 4 ini berisi tentang cerita sejarah perjuangan kemerdekaan indonesia pasca proklamasi kemerdekaan sampai pada agresi militer belanda kedua di Jogjakarta

Diorama di museum beteng vredebrugh yang menyajikan cerita sejarah kemerdekaan Indonesia
Diorama di museum beteng vredebrugh yang menyajikan cerita sejarah kemerdekaan Indonesia
Mesin Cetak Heidelberg adalah salah satu mesin yang mampu mencetak koran seribu eksemplar setiap jamnya yang sangat bergengsi pada masa itu
Mesin Cetak Heidelberg adalah salah satu mesin yang mampu mencetak koran seribu eksemplar setiap jamnya yang sangat bergengsi pada masa itu adalah salah satu barang koleksi milik museum Beteng Vredebrugh yang bisa disaksikan oleh pengunjung Diorama 1
Salah satu kejadian perjuangan kemerdekaan Indonesia yang ditampilkan di diorama museum beteng vredebrugh yogyakarta
Salah satu kejadian perjuangan kemerdekaan Indonesia yang ditampilkan di diorama museum beteng vredebrugh yogyakarta

Untuk kamu yang ingin mengetahui sejarah pada era sebelum proklamasi dan setelah proklamasi dan kejadian yang terjadi di Jogjakarta bisa masuk ke dalam gedung diorama yang berada di dalam beteng Vredenbrugh Jogjakarta ini. Masing- masing gedung diorama ini saling terhubung jadi tidak perlu khawatir untuk mencari gedung diorama selanjutnya setelah dari pintu keluar diorama pertama.

Masih banyak pemuda-pemudi Indonesia yang belum tahu tentang sejarah kemerdekaan indonesia ini. Jadi, untuk menambah wawasan dan pengetahuanmu tentang sejarah kemerdekaan indonesia sering-seringlah berkunjung ke museum.

Kontributor

Galih Satria Hutama

 

Like & Share

One thought on “Belajar sejarah melalui diorama

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id