Belajar dari seorang Manager

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hotelier.co.id- Ada berbagai macam cara agar kita sebagai tenaga Magang di hotel mendapatkan ilmu dan pengetahuan dari on the job training. Salah satu caranya adalah belajar dari seorang Manager yang notabene sudah sangat berpengalaman di bidang perhotelan.

Pertanyaannya adalah bagaimana caranya agar kamu bisa belajar dari seorang manager atau deptheadmu? Berikut ini akan sedikit penulis  bagi beberapa pengalaman penulis belajar dari seorang manager ketika penulis magang di salah satu unit hotel mengingat penulis sendiri bukan berasal dari pendidikan perhotelan ataupun pariwisata.

  1. Buat catatan apa yang ingin kamu ketahui dan pelajari

Sebaiknya buat list di dalam buku catatanmu hal-hal yang ingin kamu ketahui baik itu wawasan yang basic maupun technical. Walaupun kamu sudah mendapatkan teori yang berasal dari matakuliah, ketika bekerja magang kamu akan mendapatkan ilmu praktek dan penerapan yang bisa memperkuat landasan materi kuliahmu.

  1. Jangan ragu untuk bertanya dan konsultasi dengan Deptheadmu

Pertama kali saya ingin bertanya kepada depthead ada rasa takut dan sungkan. Tetapi saya berhasil untuk melakukannya, ternyata depthead saya welcome terhadap semua pertanyaan yang saya ajukan. Well,buatmu yang ingin belajar dari seorang manager saya sarankan jangan takut dan jangan sungkan bertanya, sukur-sukur 1 hari 1 pertanyaan kamu lakukan secara rutin.

Kalau kamu beruntung karena mendapatkan depthead yang humble dan welcome terhadap pertanyaan-pertanyaanmu maka kamu akan mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat ketika kamu benar benar bekerja di hotel kelak, tapi kalau kamu kurang beruntung karena deptheadmu sedikit pelit berbagi ilmunya, maka kamu bisa bertanya dengan kakak-kakak yang sudah menjadi staff di unit hotel tersebut atau bisa mengajukan pertanyaan ke supervisormu agar ketika kamu selesai magang, kamu mendapatkan sesuatu dari unit hotel tersebut yakni pengetahuan. Tentu saja di dalam melakukan bertanya ataupun konsultasi dengan manager atau depthead harus melihat situasi dan waktu seorang depthead. Penulis menyarankan waktu yang tepat untuk melakukan konsultasi adalah pagi hari setelah morning briefing, 10 menit setelah istirahat siang, dan 20 menit sebelum jam kerja berakhir.

  1. Buatlah resume atau catatan atas jawaban dari pertanyaanmu tersebut.

Setelah kamu mengajukan pertanyaan kepada depthead mengenai pengetahuan tentang perhotelan, jangan lupa untuk membuat resume atau catatan jawaban tersebut. Suatu saat catatan tersebut akan berguna apabila kamu ingin berkarir di perhotelan. Dengan menulis kembali jawaban dari depthead ke dalam buku catatan akan semakin melekat jawaban tersebut di memori kita.

  1. Baca-baca lagi buku catatanmu

Langkah terakhir adalah baca-baca lagi buku catatanmu walau hanya 5 menit. Dengan mereview dan membaca kembali hasil dari catatanmu, materi tersebut akan semakin tersimpan secara permanen di dalam memori ingatanmu.

Yap itulah beberapa tips dari penulis agar teman-teman magang belajar dari seorang manager. Di akhir artikel ini sekali lagi penulis berpesan kepada teman-teman untuk tidak merasa malu dan minder dengan status magang/ parttimer/ daily worker/ trainee, selama teman-teman mempunyai tekad yang kuat untuk belajar dan mendalami ilmu perhotelan. Jadi, tetap semangat mengejar impian dan berkarir di dunia perhotelan.

 

Kontributor

Galih Satria Hutama

 

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id