Bakmi Jawa, Masakan Paling Dicari Wisatawan

hotelier.co.id – Jika teman-teman sedang berkunjung ke jogja ataupun ke wilayah jawa tengah jangan lupa untuk mencicipi salah satu menu yang paling banyak dicari yakni Bakmi Jawa.

Yap, Bakmi Jawa masih menjadi menu yang sering diburu oleh wisatawan pada malam hari untuk mengganjal perut dan menghangatkan diri dari dinginnya malam.

Ciri khas Bakmi Jawa

Salah satu ciri khas bakmi jawa adalah berwarna gelap dan cenderung memiliki rasa manis. Warna gelap dan rasa manis sendiri dikarenakan penggunaan kecap manis. Berbeda dengan bakmi lainnya, bakmi jawa tidak memakai saus tomat ataupun saus sambal sebagai saucenya.

Apabila kalian suka dengan pedas, kalian bisa request ke penjualnya untuk menambahkan potongan cabai rawit ke dalam masakan yang sedang diolah.

Oiya, beberapa chef hotel masih belum banyak yang memahami karakter cita rasa bakmi jawa ini (saya pernah mencicipi menu bakmi jawa di salah satu hotel di jogja dan ternyata zoonk) mengapa zonk, karena mereka menambahkan “saus tomat” ke dalam masakan bakmi jawa sehingga berwarna kemerahan  dan menu bakmi jawa yang mereka sajikan terasa asin.

Pernah satu kali saya bertanya ke chef tersebut ” mengapa rasa bakmi jawa di hotelnya terasa asin dan berwarna agak kemerahan karena saus tomat berbeda dengan bakmi jawa di warung kaki lima yang memiliki warna hitam pekat dan cenderung manis?”

Dan jawaban si chef sangat mengejutkan saya, dia berkilah bahwa rasa bakmi itu ya asin bukan manis dan warna cerah bakmi akan membuat tamu menjadi penasaran untuk mencicipi menu tersebut,so.. didalam hati, saya hanya bisa mengelus dada dan bilang dengan bahasa jawa “iki chef ora dong masakan jawa “.

Mengapa saya mengelus dada, ya karena mereka mengubah ciri khas bakmi jawa dengan alasan agar tamu tertarik. Mohon maafkan saya jika saya keliru : seharusnya ciri khas dari bakmi jawa yang original lah yang mestinya diperkenalkan kepada tamu agar tamu menjadi kenal dengan rasa bakmi jawa, bukan ciri khas bakmi jawa yang diubah untuk menarik tamu agar mau menikmati menu bakmi jawa buatan hotel.

Perlu diketahui bahwa bakmi jawa memiliki ciri khas manis dan berwarna coklat pekat karena pemakaian kecap sebagai saus utama dan tidak ada penambahan saus tomat dan saus sambal.

Selain itu ada ciri khas lainnya yakni penjual akan mendisplay ingkung ayam (daging ayam utuh yang telah direbus sebelum warung buka) yang digantung pada sela- sela gerobak. Jadi, potongan / suwiran ayam tidak dipersiapkan dahulu di rumah melainkan dari ingkung ayam yang direbus tersebut penjual akan mengiris daging ayam sebagai pelengkap menu bakmi jawa sehingga suwiran suwiran daging ayam tersebut masih fresh.

Salah satu ciri penjual bakmi jawa adalah adanya ingkung ayam yang digantung di gerobak jualan

Tips memilih warung bakmi jawa yang enak :

1. Pilihlah warung bakmi jawa yang memakai tungku arang untuk alat memasaknya. Akan terasa perbedaannya pada rasa antara memasak bakmi jawa menggunakan tungku arang dengan menggunakan kompor gas.

2. Pilihlah warung bakmi yang menggantungkan ingkung ayam di gerobaknya. Dengan adanya ingkung ayam yang digantung kita bisa menilai dan melihat sendiri apakah daging ayam tersebut masih fresh atau tidak.

3. Jangan pilih warung bakmi jawa yang menggunakan saus tomat ataupun saus sambal. Well karena itu jatuhnya bukan lagi menu bakmi jawa tapi lebih ke menu bakmi surabayanan ( jawa timuran).

4. Searching google warung bakmi jawa yang terkenal. Buat kalian yang baru mengunjungi jogja dan jawa tengah agar tidak zonk ketika mencicipi bakmi jawa, kalian bisa searching warung bakmi jawa yang terkenal di jogja. Beberapa food blogger sudah mengeksplor warung bakmi jawa dan menunya sehingga bisa menjadi bahan rekomendasimu.

5. Jangan datang dengan perut lapar.

Nah ini kebiasaan kita, berburu bakmi jawa karena kelaparan. Seperti kalimat pembuka yang saya sampaikan di atas : “untuk mengganjal perut dan menghangatkan diri”.

Saran saya, apabila ingin menikmati bakmi jawa di luar sebaiknya terlebih dahulu mengisi perut agar tidak keroncongan supaya kalian bisa sabar untuk menanti antrean dan menikmati bakmi jawa dengan perlahan-lahan. Karena akan beda sensasinya menikmati bakmi jawa dengan perut kosong dengan menikmati bakmi jawa dengan perut yang sudah diganjal sebelumnya.

6. Pesan minuman panas

Biar semakin hangat, pesan minuman panas seperti teh panas atau jahe panas.

Bakmi jawa adalah menu lokal yang harus dipertahankan,karena bakmi jawa juga merupakan ikon wisata untuk Jogja dan jawa tengah. Itulah sedikit gambaran mengenai bakmi jawa, menu yang paling diburu wisatawan ketika berkunjung ke wilayah jogja dan jateng.

Selamat menikmati akhir pekan dan akhir liburan panjang ya..

Salam jempolier !!

By Galih Satria Hutama