Bagaimana Cara Menggunakan #Hashtags

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – Pernahkah Anda melihat tulisan yang dibubuhi Hashtags? Hal itu mungkin tampak menyebalkan, membingungkan dan tidak ada gunanya. Tetapi jika Anda memahami tujuan dan cara menggunakannya, maka hashtag akan sangat membantu dalam melibatkan target audiens Anda kedalam konten Anda dan meningkatkan awareness (daya jangkauan) atas postingan Anda di sosial media.

Hashtag merupakan sebuah kata kunci atau frase yang didahului oleh tanda ‘#’, tanda ini sering digunakan dalam postingan di social media (misalnya #travel atau #ILoveChocolates). Manfaatnya adalah untuk membuat isi postingan Anda dapat diakses oleh semua orang dengan minat yang sama, bahkan bagi mereka yang bukan merupakan penggemar (fans) atau pengikut (followers) Anda.

Namun demikian, jika Anda menambahkan # di balik kata-kata dan frase secara acak tidak akan memberi Anda pengikut atau followers. Untuk dapat menggunakannya dengan sukses, maka Anda membutuhkan sedikit riset dan kreativitas.

Sebelum kita masuk ke tips, apa saja sih jenis hashtag yang bisa digunakan?

Jenis-Jenis Hashtag

#Content hashtags.

Hastag jenis ini cocok untuk digunakan berdasarkan pokok bahasan dan tepat untuk pemula. Contoh penggunaanya: #travel, #coffee, #hotel, dll.

#Trending hashtags.

Merupakan hastags untuk postingan yang sudah populer, memiliki audiens yang signifikan dan saat ini top-of-mind dan banyak digunakan pada social media.

Contohnya: #ValentinesDay, #Christmas, #Olympics, #TravelTuesday, #WanderlustWednesday, dll. Jika postingan Anda lucu atau menarik, sebaiknya gunakan hashtag lainnya.

#Brand Specific hashtags.

Sebuah hashtag yang Anda buat untuk brand Anda sebagai general awareness, event, konten dan kampanye pemasaran untuk brand Anda. Contohnya: #PutACoinOnIt (Red Bull), ShareACoke (Coca Cola), dll.

Setelah kita mengetahui jenis-jenis Hashtags, Bagaimana sih Cara Menggunakannya?

#1 Hasgtags umum sangat bagus.

Cobalah dan asahlah untuk menggunakan Hastags umum pada komunitas perjalanan yang tertarik pada satu tema tertentu. Contohnya: daripada menggunakan hashtag seperti #travel, gunakan #EcoTravel atau #GreenTravel untuk menyoroti keramahan lingkungan properti Anda kepada lingkungan.

#2 Gunakan hashtag secukupnya dalam postingan Anda.

Gunakan Hastags sesuai dengan tujuannya dan hindari menggunakannya secara berlebihan di Instagram, maksimal lima hashtag lebih dari cukup.

#3 Selalu gunakan tag lokasi dan tag tujuan beserta tag lainnya.

Misalnya. #nzmustdo, #auckland, #seeaustralia, #vividsydney, #Bali, dll.

#4 Saat membuat brand hashtag, pastikan itu unik dan mudah diingat.

Tidak perlu mencantumkan nama brand Anda di dalamnya tapi harus menandakan semua tentang usaha dan produk Anda.

#5 Luangkan waktu untuk meneliti hasgtag yang tamu Anda gunakan.

Sertakan hastag yang digunakan tamu Anda dalam postingan Anda.

#6 Hashtag bekerja secara berbeda pada social media yang berbeda.

Klik beberapa hashtag di akun Facebook, Instagram dan Twitter Anda untuk melihat bagaimana mereka bekerja pada setiap platform. Hal ini akan membantu Anda dalam merancang postingan yang lebih menarik untuk setiap saluran menggunakan hashtag yang relevan pada setiap postingan yang Anda buat.

#7 Gunakan hashtag yang simple

Gunakan Hastag yang simple dan mudah dipahami, hindari menggunakan hastags secara berlebihan, panjang, rumit dan terlalu pintar.

Misalnya: #AvocadoOnToast vs. #AvoToast – mana yang menurut Anda lebih menarik?

#8 Tidak setiap postingan membutuhkan atau harus memiliki hashtag.

Salam Jempol!

STAAH Limited

https://www.staah.com

About The Author
STAAH adalah perusahaan yang inovatif yang menciptakan solusi sempurna bagi para operator akomodasi. Kami telah membantu properti memahami, mengendalikan & mengembangkan bisnis mereka sejak 2008, khususnya channel management, booking engine, reputation management technology. Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut: www.STAAH.com.

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id