Apakah Revenue Manager Anda adalah the Next Superhero Anda?

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – Salah satu komponen pejabat truktural yang sangat penting dalam hotel Anda adalah seorang “Revenue Manager” yang  diharapkan selalu semangat dalam menjalankan tugas kuncinya. Salah satu tugas dari seorang Revenue Manager adalah taktik pengelolaan pendapatan bagi hotel Anda, mengubah arah grafik RevPar Anda ke arah yang positif dan menambahkan nilai bottom line dalam bisnis Anda.

Revenue Manager Anda adalah orang yang memimpin dalam menerapkan perubahan “strategi bisnis”. Mereka ini adalah orang tipe “analitis” dengan daya pikiran yang canggih ala mesin. Selain itu, mereka juga tergolong orang-orang hebat yang senantiasa menjual “strategi perubahan” kepada Top Level Management. Untuk menduduki posisi revenue Manager, maka dibutuhkan seseorang yang memiliki keberanian untuk mempengaruhi pimpinan atau menyakinkan pemilik properti atas strategi terbaik yang telah dipilih berdasarkan hasil analisa dari berbagai macam sudut pandang. Ia juga harus berani untuk memberi tahu mereka jika apa yang mereka lakukan itu salah! Jadi, fungsi edukasi terhadap pemangku kepentingan sangat lekat diposisi ini.

Revenue Manager Anda adalah seorang “kutu Buku yang harus mahir dalam berbicara” untuk mempengaruhi pengambil keputusan kearah yang tepat. Hal diatas hanya sebagian kecil dari kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang Revenue Manager di hotel. Berikut ini adalah daftar singkat dari banyak bakat yang seharusnya dimiliki oleh seorang Revenue Manager.

Analytical: The Number Cruncher
Apakah Anda ingat kisah Alan Turing dari The Imitation Game, orang yang mencoba memecahkan kode enigma Jerman dalam perlombaan melawan waktu selama berhari-hari dalam World War II?

Revenue Manager Anda adalah Alan Turing. Dia dipercayakan dengan mengoptimalkan tarif berdasarkan sejumlah besar data dan diharapkan dapat terus-menerus mengkritik informasi ini, memperkirakannya dan membuat keputusan penting berdasarkan hasil analisis-nya. Bahkan dengan alat teknologi terbaik yang ada, dibutuhkan seorang master untuk memecahkan kode pengoptimalan.

Fortune Teller and Wizard
Jika ada hal yang salah dalam bisnis, maka Revenue Manager Anda akan menjadi orang pertama yang memperhatikan dan melaporkan, sebaliknya jika semua berjalan dengan baik, ya! Revenue Manager Anda tetap bertindak layaknya seorang “para normal” yang mampu memahami permintaan sekarang dan masa depan dan memiliki keberanian untuk mengambil keputusan sulit berdasarkan informasi yang ia miliki.

Sharp as a Swordsman
Keputusan dalam  “penetapan harga strategis” yang sukses memerlukan pengumpulan dan interpretasi data dari banyak sumber; namun tidak semua sumber ini sempurna. Revenue Manager Anda adalah samurai untuk mengurai dan mengolah berbagai jenis informasi yang ada. Teknologi menjadi pedang untuk membelah data-data yang ada sesuai sasaran. Dia harus secara tepat dan cepat mengatasi masalah kualitas, melakukan penyesuaian dan mendekonstruksi data menjadi informasi yang berarti yang mendukung pengambilan keputusan strategis.

Risk Taker
Revenue Manager Anda adalah seorang pemberani bagaikan serigala di industri perhotelan. Mereka adalah orang yang mampu mengambil risiko, bukan karena sensasi tapi karena dia kreatif dan memiliki bakat dalam perdagangan dibidang perhotelan. Revenue Manager yang baik harus bersedia mendorong batasan dan melampaui yang biasa karena bakat ini. Dan memang benar, ketika Anda bersedia mengambil risiko, ganjarannya lebih besar karena berbagai proses pembelajaran penting telah ia lalui.

Keterampilan Bernegosiasi yang Tak Tertandingi
Dengan keterampilan negosiasi seperti Jerry Maguire, Revenue Manager Anda adalah orang yang bekerja erat dengan departemen lain di seluruh organisasi dan mempengaruhi keputusan yang telah mereka buat. Orang ini adalah juru runding yang ahli yang bisa menavigasi perairan politik yang rumit untuk mendorong hasil dan ‘menunjukkan uangnya’.

Tech Brain
Dalam salah satu industri manusia yang paling banyak, salah satunya perhotelan, Revenue Manager Anda adalah matriks yang menggunakan otomasi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Mereka selalu merasa nyaman memanfaatkan perangkat lunak pengelolaan pendapatan, berinteraksi dengan database dan melakukan analisis Ad Hoc dalam paket analisis eksternal. Mereka memahami PMS, booking engine, channel manager, GDS, digital marketing, web design, mobile platform dan media sosial. Salah satu keputusan yang dibuat akan berdampak pada kinerja pendapatan Anda. Penting diperhatikan bahwa Revenue Manager adalah orang yang cerdas dalam memahami implikasi dan membangun strategi yang solid di sekitar mereka.

A Born Leader
Revenue Manager terbaik biasanya banyak menghabiskan waktu mereka untuk mengelola orang dan membangun hubungan karena mereka mengelola pendapatan. Kedekatan positif dengan orang lain ini adalah salah satu kualitas yang esensial yang dapat membuat mereka menjadi pemimpin yang unggul. Dengan keterampilan kepemimpinan dan rasa tak kenal takut, pengambilan risiko yang telah kami sebutkan sebelumnya maka Revenue Manager Anda akan melangkah jauh untuk melampaui performa yang Anda harapkan.

Seringkali pelaku bisnis perhotelan dan pemilik properti hanya memikirkan biaya yang terkait dengan Revenue Manager – orang dengan kualitas baik pasti tidak murah karena sudah sepatutnya kita menghargai kompetensi mereka. Penting bagi kita untuk mampu berfikir seperti mereka dan mempertimbangkan pengembalian investasi. Jika Anda menemukan seseorang yang sesuai dengan kompetensi tersebut, maka dia layak mendapatkan yang terbaik dari Anda. Lakukanlah investasi dan mulailah untuk menuai hasilnya.

Jadi, sudahkah Anda memiliki Superhero untuk membantu menaikkan level pendapatan di hotel Anda?

Salam Jempol!

By STAAH Ltd

STAAH adalah perusahaan yang inovatif yang menciptakan solusi sempurna bagi para operator akomodasi. Kami telah membantu properti memahami, mengendalikan & mengembangkan bisnis mereka sejak 2008, khususnya channel management, booking engine, reputation management technology. Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut: www.STAAH.com

Pelajari Juga Artikel Menarik Dibawah:

Introduction to Basic Revenue Management

Revenue Management Indicator (KPI)

Analytic: Pilih Occupancy atau ADR?

Mengggunakan SWOT Analysis 

Cara Menentukan Kompetitor

Memahami Pentingnya Market Segmentation

Menganalisa Value Preposition 

Membangun Budaya Revenue Management 

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id