7 Langkah membuat program Promosi

Hotelier.co.id- Promosi adalah salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang dapat berwujud iklan, promosi penjualan seperti pemberian diskon dan allowance, publikasi atau personal selling dengan cara mengadakan event-event di hotel, dan masih banyak cara lainnya.

Prinsip utama mengadakan promosi adalah memberikan informasi kepada konsumen. Merencanakan dan membuat program promosi terdapat beberapa langkah-langkah.

Apa sih langkah-langkah membuat program promosi? Yuuk… simak artikel dibawah ini ya…

Langkah-langkah membuat program promosi

  1. Mengidentifikasi target audience atau konsumen yang ingiin dicapai termasuk image yang ingin diciptakan terhadap sebuah hotel tersebut. Seperti contohnya : budget hotel ditargetkan dapat menarik pasar dari kalangan backpacker
  2. Mendefinisikan tujuan mengadakan program promosi

Misalnya : untuk menciptakan kesadaran terhadap sebuah pelayanan yang diberikan oleh unit hotel

  1. Merencanakan “pesan” yang ingin disampaikan seperti fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan
  2. Memilih saluran komunikasi baik secara personal maupun non personal (menggunakan media)

Contoh saluran komunikasi secara personal : dengan cara sales visit /kunjungan ke instansi pemerintahan atau perusahaan

Contoh saluran komunikasi secara non personal : memasang iklan di media cetak maupun elektronik, menyebarkan brosur, menjadi sponsor untuk kegiatan atau event tertentu

  1. Memperkirakan anggaran promosi

Ada beberapa metode yang dapat digunakan salah satunya adalah metode percentage of sales method atau metode penentuan budget promosi dengan cara menentukan prosentase tertentu atas penjualan . Seperti contoh : budget promosi di tahun 2017 ini sebesar 10% dari penjualan di tahun 2016, semisal penjualan di tahun 2016 sebesar 10 Milyar, budget promosi di tahun 2017 sebesar 1 Milyar yang bisa digunakan oleh divisi sales and marketing.

  1. Mengalokasikan budget promosi tersebut pada tiap-tiap alat promosi seperti iklan, pemberian diskon dan allowance, pembuatan event-event, dan personal selling .
  2. Mengikuti perkembangan pasar sejauh mana konsumen menyadari adanya pelayanan yang ditawarkan oleh unit hotel dan kemudian mencoba untuk melakukan reservasi kamar hotel, hingga akhirnya puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh unit hotel tersebut.

Itulah 7 langkah membuat program promosi bagi unit hotel, tentu saja didalam melakukan program promosi semua komunikasi pemasaran harus dikelola dan dikoordinasi dengan baik dan memperhatikan keefektivitas biaya sehingga program promosi pun berjalan dengan efektif dan efisien.

Kontributor

Galih Satria Hutama