5 Cara Menentukan Kompetitor di Hotel

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – seperti kita ulas di tahap pertama, bahwa dalam artikel Fundamental Revenue Management, langkah pertama dalam proses menjalankan aktifitasnya adalah mengumpulkan “Data”, menyatukan, menganalisa, memperkirakan (forecast), mengambil keputusan lalu diakhiri dengan mendistribusikan produk kita melalui channel yang tepat, untuk segmen pasar yang tepat, dilevel harga yang tepat dan pada saat yang tepat.

Dalam artikel ini, kita akan belajar bersama bagaimana sih cara menentukan kompetitor untuk hotel kita? Langkah-langkah apa saja yang bisa kita lakukan? dan apa Pengaruhnya terhadap keputusan yang kita ambil?

Seperti dalam ulasan pembuka diatas, maka dalam tahap pertama ini kita hendaknya mampu “mengumpulkan data” yang akurat untuk menunjang dalam pengambilan keputusan yaitu: “Hotel Mana” yang akan kita jadikan pembanding dalam mengukur performa di pasar.

Apa sih Definisi Competitor Set (ComSet) itu?

Merujuk pada STR Global, maka ComSet adalah daftar beberapa hotel yang berkompetisi secara langsung dengan hotel Anda. Yaitu: hotel-hotel yang memiliki kesamaan segmen pasar, range harga, fasilitas, level kualitas pelayanan dan lokasi dalam radius yang sama dengan hotel Anda.

Kenapa Anda harus memiliki daftar kompetitor?

  • Comset dibutuhkan untuk keperluan benchmark (pembanding) performa antara hotel Anda dengan hotel-hotel yang berada dipasaran. Sehingga, Anda dapat merumuskan strategi terbaik untuk memenangkan ketatnya persaingan.
  • ComSet berguna untuk proses analisa penetrasi hotel Anda kedalam pasar yang tepat serta membantu dalam menjaga posisi harga hotel Anda dipasar
  • Membuat kebijakan penentuan harga dengan melihat demand & supply dikota Anda. Khusus untuk poin ketiga ini, banyak juga hotel yang telah menggunakan Rate Shopping Tools dalam proses pengambilan keputusan harga yang akan diterapkan dihotelnya. Cara kerja Rate Shopper akan kita diskusikan diartikel terpisah.

Berapa banyak dan Bagaimana cara memetakan kompetitor yang akan dimasukkan kedalam Competitor Set?

Jumlah hotel yang dapat dimasukkan berkisar antara 5 hingga 10 hotel, catatannya yang dimasukkan adalah mereka yang memiliki sumber “demand” yang sama dengan hotel Anda, baik direct competitor (kompetisi langsung) atau indirect competitor (kompetisi tidak langsung).

Proses memetakannya adalah dengan melihat dari perspective pelanggan dan berbagai perspective dibawah ini: 

Pertama: Jarak Lokasi Hotel 

Jarak antara hotel Anda dengan kompetitor bisa Anda jadikan sebagai acuan dalam memilih ComSet. Petakan di radius 5 KM dari hotel Anda, ada hotel apa saja yang beroperasi? Lalu lakukan survey.

Salah satu diantara hotel-hotel tersebut kemungkinan besar adalah kompetitor Anda. Syaratnya adalah mereka memiliki kesamaan segmen pasar, range harga, fasilitas dan level kualitas pelayanan yang sama dengan hotel Anda.

Khusus untuk penentuan jarak ini, Anda juga harus melihat dari sudut pandang “sumber demand” dari hotel-hotel tersebut.

Contohnya: hotel Anda berlokasi 5 km di sebelah selatan Airport dimana sumber demand utama dari pasar Anda adalah tamu transit dari Airport. Lalu, dijarak 5 KM disebelah utara airport terdapat hotel yang menawarkan fasilitas dan pelayanan yang sama persis dengan hotel Anda.

Jika ditarik lurus jarak antara hotel Anda dan kompetitor dari selatan ke utara adalah 10 KM, maka hotel tersebut bisa jadi Direct kompetitor Anda walaupun jaraknya 10 km dengan hotel Anda. Kenapa demikian? karena hotel tersebut kemungkinan besar memiliki sumber demand yang sama, yaitu tamu transit yang berasal dari airport.

Kedua: Ukuran Fasilitas Hotel dan Segmentasi Pasar 

Yaitu dengan melihat ukuran fasilitas, misalnya jumlah kamar, meeting room, spa, swimming pool dan fasilitas yang lainnya. Ini penting karena berhubungan dengan “segmentasi pasar” yang akan dibidik.

Contohnya: Jika hotel Anda adalah kelas budget, lalu Anda bandingkan dengan kelas Mid-Scale maka mungkin saja ada pasar yang sama, tapi juga berpotensi berbeda dengan segmentasi pasar Anda.

Hal ini bisa dilihat dari fasilitas yang ada. Misalnya: hotel Anda bintang 4, memiliki kolam renang, fitness dan spa, maka bisa jadi pasar yang bisa dibidik adalah segmen leisure atau family selain pasar bisnis sebagai pasar utama Anda. Hal ini tentunya berbeda dengan kelas budget yang hanya menyediakan Bed & Breakfast.

Jadi, jumlah kamar dan fasilitas dapat merepresentasikan segmen pasar yang akan dibidik dan dibutuhkan dalam proses penentuan kompetitor.

Ketiga: Level Kualitas Pelayanan 

Biasanya dalam proses penentuan, para Manajer akan melakukan kunjungan dan kenalan dengan kompetitor untuk melakukan benchmark dari sisi pelayanan.

Bagusnya bisnis di hotel itu “rukun”, sama kompetitor bisa  ngopi dan ngobrol bareng, asyik kan hahahaha.

Setelah melihat level kualitas pelayanan, maka Anda bisa memutuskan untuk memasukkan atau tidak dalam daftar kompetitor yang akan Anda buat.

Keempat: Reputasi Hotel di Dunia Online

Anda bisa melihat Ranking mereka di Trip Advisor, Page Rank mereka di Google, OTA atau Meta Search. Perhatikan dengan seksama komentar dari tamu-tamu mereka. Lalu, tentukan keputusan Anda apakah mereka sama dengan hotel Anda atau tidak.

Kenapa ini penting: Karena Anda dapat memutuskan untuk menggunakan “channel distribusi” yang tepat dikemudian hari atau sebagai bahan Strategic Planning Anda untuk penetrasi pasar secara digital.

Kelima: Average Daily Rate (ADR)

ADR merepresentasikan sebuah kualitas pelayanan yang diberikan oleh hotel. Oleh karena itu, analisalah dengan seksama, lalu bandingkan performa ADR mereka dengan level ADR index yang ada dikota Anda.

Jika ADR index mereka jauh dibawah pasar, tidak mungkin juga kan Anda masukkan kedalam daftar kompetitor Anda, karena hanya akan menggiring Anda kedalam strategi penetrasi level harga yang salah.

Jadi, pastikan nilai ADR mereka berkisaran sama dengan yang akan Anda buat.

Nah, jadi untuk merumuskan siapa kompetitor Anda, maka Anda harus mengumpulkan data, lalu data tersebut diproses dan dianalisa dengan seksama sebelum mengambil keputusan siapa saja yang akan dimasukkan kedalam daftar kompetitor Anda dimana tujuan utamanya adalah untuk membandingkan performa hotel Anda dengan hotel mereka.

Sehingga, Anda dapat merencanakan dan melaksanakan strategi dagang Anda dengan benar.

Setalah memahami 5 cara dalam memilih kompetitor sebagai pembanding, maka  selanjutnya adalah melakukan “strategic analysis” untuk merancang “Strategic Planning” untuk hotel Anda yang akan dimuat dalam artikel selanjutnya.

Salam Jempolier!

By Ikin Solikin

Pelajari Juga Artikel Menarik dibawah ini:

Menganalisa dan Menghitung Value Proposition dari Kompetitor

Fundamental Revenue Management 

Jenis-Jenis Segmentasi Pasar Hotel

Menanamkan Budaya Revenue Management 

Cara Menghitung Average Daily Rate

Cara Menghitung RevPAR

Cara Menghitung GOPPAR

Like & Share

3 thoughts on “5 Cara Menentukan Kompetitor di Hotel

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id