” 4 Kunci” Sukses Acara Reuni

Sebuah catatan kecil yang dapat saya share di tulisan ini dengan mengambil hikmah dari acara reuni 25 tahun sekolah saya pada hari minggu 23 April 2017 lalu.  Acara yang dibuat sangatlah sederhana, tetapi banyak mengandung makna yang tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata. Ternyata yang berkesan bagi kita dalam sebuah reuni adalah makna dari reuni itu sendiri bagi para alumnus, bukan acaranya. Berbagi cerita, berfoto ria, tertawa bersama dan berbagi kasih dengan sekolah, itulah main course sebagai makna dari sebuah acara reuni. Selain itu dapat juga kita lengkapi dengan door prize sebagai dessertnya.

Dan dibalik suksesnya acara yang terselenggara, saya melihat ada beberapa “kunci” sukses dari para panitia penyelengara yang mungkin dapat menjadi inspirasi bagi anda semua jika suatu hari nanti anda menjadi ” Panita Reuni” sekolah yang dapat saya simpulkan sebagai berikut :

1. Commitment.

Inilah fundamental dari semua kesuksesan sebuah acara reuni. Niat awal untuk menyukseskan acaranya, niat lurus dan ikhlas untuk menjadi “EO” acara tanpa profit ini menjadi modal yang amat penting untuk anda sebagai panitia. Ternyata memang segala sesuatu itu tergantung dari niat awal berupa komitment. Take a risk and never look back….

2. Persistent

Mulai dari di bully d group WA kelas karena gak semua pro dengan acara reuni-reunian ( walaupun akhirnya yang ngebully pada datang juga di acaranya), ditegur sama pasangan dirumah karena terlalu banyak “meeting” diluar, di komplain sama anak karena pulang larut malam terus kalo habis meeting, sampe ribut sama pasangan karena dianggap buang-buang waktu jadi panitia, sampai-sampai weekend pun masih meeting, inilah saatnya anda sebagai panitia menjadi tegar seperti karang dilautan tak tergoyahkan. Kontrol emosi dan mengkomunikasikan apa yang menjadi tujuan anda membuat acara ini adalah hal yang sangat penting yang harus anda kuasai. Ceritakan sukses-sukses kecil dari “meeting” yang anda lakukan kepada keluarga anda agar mereka dapat mengerti apa yang anda kerjakan sesungguhnya adalah sesuatu yang berarti untuk anda dan untuk kesuksesan acara ini.

3. Confident

Masalah terbesar dari sebuah acara reuni adalah pendanaan. Dan pendanaan ini terkadang membuat para panitia merasa tidak percaya diri apakah acara nanti akan sukses atau tidak. Anda harus memupuk rasa percaya diri ini bahwa acara yang anda sedang usung adalah acara yang penting dan ditunggu-tunggu oleh para alumnus dan tanamkan dalam diri anda bahwa kemungkinan tidak ada dana adalah sebuah keniscayaan, karena anda yakin dana akan terkumpul. Koordinasikan dengan perwakilan kelas untuk dapat memaksimalkan pengumpulan dana dari masing-masing kelas dengan strategy subsidi silang, yang berkelebihan membayarkan yang kekurangan. Petakan siapa aja dikelas anda yang taraf hidupnya lebih dari yang lain, lakukan pendekatan secara persuasif dan pastikan mereka itu menjadi donatur yang dapat mendukung terpenuhinya pengumpulan dana. Jika anda percaya diri, anda akan berhasil. Jangan lupa untuk berbagi informasi didalam group WA kelas anda mengenai data dana yang terkumpul dari masing-masing kelas untuk memotivasi kelas anda untuk mencapai target dana yang sudah ditetapkan.

4. Support Each Other

Saling menguatkan satu sama lain adalah “chemical” pengikat dalam sebuah penyelenggaraan reuni.

Inisiatif, Partisipatif, Independent dan bertanggung jawab akan tugas yang sudah diberikan adalah mesin penggerak menuju kesuksesan sebuah acara reuni. Tidak ada kata “tidak bisa” jika semua dikerjakan bersama-sama. Disini kita harus selalu berbagi hal-hal yang positif agar tumbuh semangat yang tidak pernah padam didalam tubuh panitia dan sukses pasti dapat diraih bersama-sama. Dan hal yang paling penting dalam Support Each Other ini adalah saling mendo’akan akan kelancaran tugas yang dibebankan.

Ketika seseorang berkomitmen, lalu dia persistent, sehingga menimbulkan confident dalam dirinya, di tambah support dari semua pihak penyelenggara dan keluarga, dengan ” empat kunci” ini, jika anda kerjakan dengan bersungguh-sungguh, maka anda akan menikmati hasilnya.

Akhir kata, terima kasih yang tiada terhingga bagi rekan-rekan Panitia Silvereunion Smanda ’92 Bogor untuk semangat dan inspirasi yang sudah kalian torehkan dalam hidup saya sehingga saya belajar banyak tentang pentingnya sebuah kebersamaan yang dapat membangun kualitas pribadi dari masing-masing individu yang terlibat didalamnya. Kalian membuktikan kepada saya bahwa teori tentang Commitment, Persistent, Confident dan Support itu memang benar adanya.

Kalian Luar Biasa….

Kontributor :

Hendri Sentosa, CPHR, C.Ht
hendri.sentosa@gmail.com