4 Cara untuk merekatkan keakraban antar karyawan hotel

hotelier.co.id– Mengelola karyawan merupakan tantangan tersendiri bagi pengelola hotel. Konflik dan intrik antar karyawan adalah masalah sehari-hari yang sering dihadapi oleh seorang manajer HRD. Sering kali seorang Manajer HRD merasa harus berpikir keras untuk mencari cara agar karyawannya dapat terjalin ikatan yang erat sehingga menjadi satu untuk  menuju visi dan misi dari unit hotel tersebut. Bagaimana caranya agar menghidupkan keakraban antar karyawan?

Berikut adalah empat cara untuk merekatkan keakraban antar karyawan di hotel:

1. Menghidupkan Suasana Employee Dining Room (EDR)

EDR (Employee Dinning Room) atau kantin karyawan adalah salah satu tempat dimana mereka bisa duduk bersama-sama, bercanda dengan kawan yang beda divisi sambil menyantap hidangan yang disediakan oleh pengelola EDR atau kantin. Selain untuk makan karyawan, EDR juga berfungsi sebagai tempat penghilang penat dan mengatur tingkat stress karyawan.

Kebersihan dan keindahan EDR ini menjadi tanggung jawab semua karyawan unit hotel dan juga pengelola EDR. Dibeberapa hotel, EDR difasilitasi dengan area Learning Corner (menyediakan perangkat komputer untuk belajar), serta ruang baca dan santai bersantai untuk sekedar menghilangkan rasa penat. Karena EDR hampir dikunjungi oleh semua karyawan di jam-jam istirahat, EDR juga bisa difungsikan sebagai hotel information center dengan memasang LED TV atau Notice Board untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan sosial karyawan atau pun informasi-informasi hotel lainnya. Kenyamanan, kebersihan dan kerapihan menjadi sangat penting untuk EDR agar menjadi tempat yang asyik untuk saling berdiskusi informal antar sesama karyawan, sehingga hubungan antar sesama menjadi lebih erat dan hangat.

2.Employee Gathering

Banyak cara bisa dilakukan untuk membina hubungan baik dan menumbuhkan keakraban antar karyawan, salah satunya dengan mengadakan Employee Gathering. Employee Gathering ini bisa bermacam-macam bentuknya seperti olah raga bersama, employee party, hangout bersama, atau Outbound. Employee Gathering ini adalah cara yang paling umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menambah keakraban dan kekompakan karyawannya.

3. Menjadikan Divisi HR sebagai wadah untuk bimbingan Konseling karyawan

Pada point ketiga ini merupakan peran penting HRD. Ibarat sekolah, sosok HR Manager adalah guru Bimbingan Konseling bagi karyawan. Sosok HR Manager atau pemimpin disetiap departement seyogyanya adalah sosok yang mampu untuk merangkul karyawan, mendengarkan mereka dan mampu menghidupkan kebersamaan dengan berbagai strategi dan aktifitas didalamnya untuk tujuan bersama. Dengan adanya HR Manager dan pemimpin yang mau dan mampu menjadikan konselor bagi karyawannya, maka karyawan pun akan merasa tenang dan nyaman di dalam bekerja. Beban dan tekanan yang dipendam sendiri oleh karyawan dapat disalurkan melalui konseling yang dilakukan oleh seorang manajer HR.

4. Menampung berbagai macam kreatifitas dan hobby karyawan

Sport and Social Activities banyak dilakukan oleh hotel yang bertujuan untuk menampung bakat dan kreatifitas karyawan seperti Band, melukis, jurnalistik serta kreatifitas lainnya. Sehingga, karyawan yang bakatnya di bidang musik, maka dapat membuat Band yang personilnya merupakan karyawan. Kreatifitas mereka dibidang musik dapat disalurkan ke acara-acara internal yang diselenggarakan untuk kalangan karyawan atau bisa juga sebagai salah satu pengisi acara ketika terdapat event di hotel. Untuk karyawan yang bakat di dalam jurnalistik, maka membuat mading adalah salah satu caranya. Mading atau majalah dinding bisa ditempelkan pada Notice Board yang mudah diakses oleh semua karyawan.

Selain program-program sosial yang berhubungan dengan Hobby, hotel juga dapat menyediakan ruang bagi karyawan untuk menyalurkan kepeduliannya terhadap sesama dan lingkungan, misalnya program donor darah, program penghijauan, program santunan dan program lainnya. Program sosial ini juga dapat mendorong kepedulian antar sesama karyawan hotel.

Ibarat sebuah puzzle, karakter dan kepribadian karyawan adalah kepingan-kepingan puzzle yang mempunyai bentuk yang berbeda-beda akan tetapi apabila dirangkai dan disusun (dimanejemeni dengan benar) maka akan menjadi rangkaian gambar puzzle yang menyatu dan indah. Kehidupan di balik layar operasional hotel pun menjadi lebih hangat, sehingga team work antar divisi maupun antar karyawan pun dapat terjalin karena adanya rasa memiliki dan kebersamaan. Disamping itu intensitas konflik antar karyawan pun menjadi berkurang, Karyawan pun akan merasa lebih diperhatikan dan menjalin kebersamaan untuk mencapai tujuan dari unit hotel tersebut.

kontibutor: IHLC.co.id